Jaringan saraf tiruan atau JST adalah salah satu metode pembelajaran mesin yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Seperti klasifikasi, regresi, dan prediksi.

Salah satu metode pembelajaran JST yang populer adalah backpropagration. Backpropagration adalah metode pembelajaran yang menggunakan gradien untuk mengubah bobot dan bias neuron dalam JST. Metode ini dapat menjadi sangat efisien dalam melatih JST dengan banyak lapisan tersembunyi.

Mengenal Jaringan Saraf Tiruan Resillint Backpropagration (RPROP)

Resillint Backpropagration (RPROP) adalah salah satu dari jaringan tiruan. RPROP adalah pengembangan dari metode backpropagration yang lebih efisien dan stabil. RPROP menggunakan pendekatan yang berbeda dari backpropagration untuk menghitung gradien.

Prinsip Kerja RPROP

RPROP menggunakan pendekatan yang kita sebut sebagai resillint propagration. Resillint propagration adalah pendekatan yang menggunakan informasi tentang perubahan bobot dan bias neuron dalam JST.

Tujuan dari JST Resillint Backpropagration (RPROP) adalah untuk memprediksi arah perubahan yang optimal. Adapun prinsip kerjanya yaitu:

  • Pada awal pelatihan, semua bobot dan bias neuron diatur ke nilai awal yang acak.
  • Jaringan saraf tiruan kemudian dilatih dengan data pelatihan.
  • Setiap iterasi pelatihan, RPROP menghitung perubahan bobot dan bias neuron.
  • RPROP kemudian menggunakan informasi tentang perubahan bobot dan bias neuron untuk memprediksi arah perubahan yang optimal.
  • Bobot dan bias neuron diperbarui sesuai dengan arah perubahan yang optimal.

Keunggulan dan Kekurangan RPROP

Jaringan saraf tiruan Resillint Backpropagration (RPROP) memiliki beberapa keunggulan daripada metode backpropagration lainnya. Keunggulannya antara lain, lebih efisien dalam melatih JST dengan banyak lapisan tersembunyi. Selain itu, lebih stabil dalam menghadapi data pelatihan yang tidak seimbang.

Bahkan, lebih mudah diimplementasikan daripada metode backpropagration. Selain keunggulan, ada juga kekurangannya, RPROP membutuhkan waktu pelatihan yang lama untuk JST yang kompleks dan kurang optimal untuk semua masalah pembelajaran mesin.

RPROP adalah metode pembelajaran JST yang efisien, stabil, dan mudah kita implementasikan. Bahkan, Resillint Backpropagration (RPROP) dapat kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah pembelajaran mesin, termasuk klasifikasi, regresi, dan prediksi. Itulah penjelasan jaringan saraf tiruan RPROP.