Aplikasi software POM merupakan salah satu perangkat lunak yang sering kali digunakan untuk analisis kegiatan produksi, manajemen operasi, manajemen ilmu pengetahuan, hingga operasi penelitian. Software ini adalah software operation research yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan operasi riset.

Aplikasi Software POM, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Dengan hadirnya aplikasi ini, pengambilan keputusan produksi menjadi lebih mudah. Misalnya saja, menentukan kombinasi produk yang paling sesuai untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Selain itu, juga dapat membantu menentukan order pembelian barang secara cepat agar biaya perawatan tidak membengkak. POM berperan penting untuk menentukan tugas dan pekerjaan karyawan sesuai kemampuan, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Jenis Modul

Aplikasi software POM memiliki berbagai jenis modul yang berbeda. Setidaknya ada 20 modul yang bisa kita temukan. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Aggregate Planning
  2. Assignment (Penugasan)
  3. Balancing Assembly Line
  4. Break Even / Cost-Volume Analysis
  5. Decision Analysis (Pengambilan Keputusan)
  6. Forecasting (Peramalan)
  7. Inventory (Persediaan)
  8. Job Shop Scheduling
  9. Learning Curve
  10. Linier Programming (Pemrograman Linier)
  11. Location
  12. Lot Sizing
  13. Material Requirements Planning
  14. Operations Layout
  15. Project Management (PERT / CPM)
  16. Quality Control
  17. Reliability
  18. Simulation
  19. Transportation
  20. Waiting Lines (Antrian)

Contoh Penggunaan Aplikasi Software POM

Beberapa dari modul yang kita sebutkan, sering kali digunakan dalam manajemen operasional untuk fasilitas kesehatan rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Hal ini bertujuan untuk mengambil keputusan manajerial.

Modul-modul yang biasa digunakan dalam bidang kesehatan antara lain, Break-Even /Cost Volume Analysis, Operations Layout, Transportation, hingga Waiting Lines.

Umumnya, POM digunakan pada Windows 3. Untuk menjalankannya, bisa melalui dua cara.

Pertama, melalui Shortcut. Jika ada shortcut POM for Windows 3 maka klik sebanyak dua kali pada icon Shortcut POM for Windows. Kemudian, bisa dengan melalui Menu Program. Caranya, klik “Start”, kemudian “Program”, selanjutnya pilih “POM for Windows”.

Apabila olah data dengan menggunakan aplikasi software POM dilakukan dengan langkah yang benar, maka hasil analisis akan menunjukkan akurasi ketelitian yang sama. Itu artinya, persoalan operasional bisa kita selesaikan hanya dengan menggunakan software POM.