Di dalam ilmu statistika, terdapat berbagai macam pengujian data untuk membuktikan hasil percobaan atau penelitian. Salah satunya adalah uji Mann Whitney.

Mann Whitney merupakan uji non parametrik yang berfungsi untuk mengetahui perbedaan median dari dua jenis sampel independen. Uji statistik ini seringkali digunakan saat data tidak memenuhi asumsi normalitas. Uji ini bisa menjadi salah satu alternatif dari uji t independen di dalam uji parametrik.

Asumsi Uji Mann Whitney

Mann Whitney memiliki sejumlah asumsi yang harus diperhatikan. Ketika asumsi-asumsi ini terpenuhi, maka akan didapatkan sebuah kesimpulan. Adapun asumsi Mann Whitney antara lain:

Skala data variabel terikat, yakni rasio atau interval dan ordinal. Jika skala interval atau rasio, maka dapat dinyatakan jika asumsi normalitas tidak terpenuhi. Umumnya, normalitas ini dapat diketahui dengan melakukan uji normalitas.

Kemudian, data berasal dari dua kelompok. Jika terdapat data yang berasal dari tiga kelompok atau lebih, sebaiknya tidak menggunakan Mann Whitney melainkan dengan Kruskal Wallis.

Variabel independen satu dengan variabel yang lainnya. Hal ini mengartikan jika data berasal dari kelompok yang tidak sama, berbeda, atau tidak berpasangan.

Prosedur Uji Mann Whitney

Ketika menggunakan Mann Whitney, terdapat beberapa prosedur yang harus dipahami. Ho tidak memiliki perbedaan rata-rata sampel satu dengan sample yang lainnya. Sedangkan Ha terdapat perbedaan rata-rata sampel satu dengan sampel yang lainnya.

Pada daerah tolak, Ho ditolak jika U hitung lebih kecil dari U tabel. U tabel berdasarkan nilai n1 dan n2.

Setelah itu, menghitung kriteria pengujian dengan menggunakan nilai uji statistik atau nilai U. Caranya adalah dengan menggabungkan kedua kelompok atau sampel independen.

Urutkan setiap anggota mulai dari yang nilai yang terkecil hingga nilai terbesar. Jika terdapat dua atau lebih nilai pengamatan yang sama, maka peringkatnya menggunakan peringkat rata-rata. Kemudian, hitung jumlah peringkat setiap bagian (R1 dan R2).

Setelah melalui prosedur uji Mann Whitney ini, mulailah menarik kesimpulan. Ho ditolak jika U lebih kecil dari U tabel. Sementara itu, Ho diterima jika U lebih besar atau sama dengan U tabel.