Analisis multivariat merupakan cara variabel dengan jumlah banyak. Tujuannya yakni mencari pengaruh beberapa variabel tersebut pada suatu objek secara serentak atau simultan.
Definisi Analisis Multivariat
Pengertian dari jenis metode statistik ini menjadi alat analisis data dengan banyak variabel, dengan perkiraan bahwa beberapa variabel tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain. Dengan demikian analisis multivariat ini merupakan salah satu teknik perhitungan statistika dalam memahami struktur suatu data di dimensi yang tinggi.
Teori mengenai metode multivariat sebenarnya sudah dikenal sejak lama, namun jarang diterapkan karena kompleksitas perhitungannya. Namun, belakangan ini, dengan kemajuan teknologi. Terutama munculnya aplikasi komputer seperti SPSS, analisis metode statistik dapat dilakukan dengan lebih mudah. 
Sebagai hasilnya, multivariat menjadi lebih sering digunakan oleh para peneliti. Karena adanya kemudahan yang diberikan oleh aplikasi komputer tersebut serta ketersediaan informasi yang melimpah dari hasil Analisa Multivariat.
Klasifikasi Analisis Multivariat
Terdapat tiga klasifikasi dalam metode multivariat, yakni teknik dependensi, teknik interdependensi, dan model struktural. Meskipun ada pandangan bahwa analisa multivariat dapat dibagi menjadi hanya dua klasifikasi, yaitu analisis dependensi dan analisis interdependensi, statistikian tidak menganggap ini sebagai permasalahan. Sebab, para pakar yang mengusulkan dua klasifikasi tersebut telah menyertakan Model Struktural atau pemodelan persamaan struktural sebagai bagian dari klasifikasi analisis dependensi.

  1. Teknik Dependensi 
    Teknik Dependensi dalam metode multivariat adalah suatu pendekatan analisis dimana variabel atau kelompok variabel yang ditetapkan sebagai variabel terikat dapat dijelaskan atau diprediksi oleh variabel lain yang berperan sebagai variabel independen.
    Analisis dependensi ini bertujuan menjelaskan maupun meramalkan variabel terhubung dengan memanfaatkan variabel independen dua atau lebih.
  2. Teknik Interdependensi 
    Teknik Interdependensi dalam analisis multivariat adalah pendekatan analisis yang melibatkan pengamatan serentak terhadap semua variabel dalam satu kelompok, tanpa membedakan antara variabel terikat dan variabel bebas.
    Pendekatan analisis interdependensi bermanfaat untuk memberikan makna terhadap kelompok variabel atau mengidentifikasi pola bersama-sama dari variabel tersebut.
  3. Teknik Model Struktural
    Teknik terakhir yang dibahas adalah Teknik Model Struktural, suatu pendekatan yang berusaha menganalisis hubungan antara variabel dependen dan independen secara simultan. Model semacam ini dikenal sebagai model persamaan struktural atau Structural Equation Model (SEM) dalam versi bahasa Inggris.
    Kelebihan dari SEM adalah kemampuannya untuk menyelidiki hubungan antara berbagai kelompok variabel secara bersamaan. Hal ini mencakup variabel bebas dan variabel terikat, dan bahkan dapat mengakomodasi variabel laten. Variabel laten dalam analisis multivariat ini merujuk pada variabel yang eksistensinya tidak dapat diukur secara langsung dalam analisis.