Jenis-jenis statistik sangatlah beragam karena terbagi berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Misalnya terbagi menurut atau berdasarkan asumsi distribusi populasi datanya, orientasi pembahasannya, jumlah variabel terikatnya, hingga menurut fase dan tujuan analisisnya. Berikut akan kita bahas secara singkat tentang macam-macam statistika ini.

Statistik sendiri adalah kumpulan data yang diolah dan disajikan dalam tabel, grafik, dan semacamnya. Menurut KBBI artinya yaitu data berupa angka yang dikelompokkan, dikumpulkan, dan ditabulasi hingga menunjukkan kesimpulan tentang sebuah persoalan. Statistik sering digunakan untuk berbagai bidang studi seperti bisnis, ekonomi, dan lainnya.

Jenis-Jenis Statistik Berdasarkan Beberapa Kriteria

Berikut ini adalah macam-macam statistik menurut beberapa kriteria beserta penjelasannya:

Menurut Asumsi Distribusi Populasi Data

Berdasarkan asumsi distribusi populasi datanya, statistik terbagi menjadi dua macam yaitu parametrik dan nonparametrik. Parametrik adalah jenis yang dilakukan berdasarkan model distribusi normal. Sedangkan non  parametrik dilakukan tidak berdasar pada model distribusi normal atau dengan metode distribusi bebas.

Menurut Orientasi Pembahasannya

Jenis-jenis statistik berdasarkan orientasi pembahasannya yang juga terbagi menjadi dua yaitu matematika dan terapan. Matematika adalah statistik yang mengedepankan penurunan konsep, pemahaman model, dan juga rumus statistika secara matematika teoritis. Sedangkan terapan lebih mengedepankan penerapannya dalam disiplin ilmu dan pemahaman konsepnya.

Menurut Jumlah Variabel Terikat

Berdasarkan jumlah variabel terikatnya, jenis-jenis statistik terbagi menjadi dua yaitu multivariat dan univariat. Multivariat adalah jenis yang memiliki lebih dari satu variabel terikat. Sedangkan univariat adalah kebalikan dari multivariat yaitu hanya memiliki satu variabel terikat.

Menurut Fase dan Tujuan Analisis

Terakhir menurut fase dan tujuan analisis yang membagi statistik menjadi dua macam yaitu inferensial dan deskriptif. Inferensial adalah jenis yang dalam prosesnya memungkinkan pengambilan kesimpulan secara umum dari data yang diolah. Sedangkan deskriptif adalah jenis yang berhubungan dengan penyajian, pengolahan, dan analisis namun tidak ada kesimpulan secara umum.

Jenis-jenis statistik ternyata memang sangat beragam seperti parametrik dan nonparametrik, matematika dan terapan, multivariat dan univariat, serta inferensial dan deskriptif. Setiap jenis tersebut tentu memiliki fungsi yang sangat penting dan berguna.