Dalam mempelajari statistik, pastinya akan bersinggungan dengan metadata kegiatan statistik sektoral. Istilah ini masih asing bagi sebagian orang. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika memahami bagaimana pengertiannya untuk mengenalnya secara lebih mendalam.

Pengertian Metadata Kegiatan Statistik Sektoral 

Pada dasarnya, materi ini adalah data penting berisikan informasi yang mendokumentasikan ataupun menggambarkan penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral. Sementara untuk statistik sektoral sendiri ialah statistik yang tujuannya untuk mencukupi kebutuhan instansi pemerintah.

Instansi pemerintah tersebut berupaya sebaik mungkin untuk menyelenggarakan tugas-tugasnya dengan baik. Dengan adanya data statistik sektoral, maka pemerintah bisa melaksanakan tugasnya dan mendongkrak pembangunan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pembangunan adalah tugas pokok instansi pemerintah.

Karena hal itu, metadata di statistik sektoral yang baik pastinya lengkap dan sifatnya komprehensif. Dengan begitu, metadata tersebut bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 

Selain pengertian metadata kegiatan statistik sektoral, tak kalah penting pula untuk memahami bagaimana evaluasi penyelenggaraannya. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai EPSS (Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral).

Evaluasi ini adalah serangkaian proses penilaian yang sifatnya sistematis. Proses penilaian tersebut berlangsung lewat verifikasi dan validasi data informasi terhadap hasil penilaian secara mandiri.

Adanya evaluasi ini tentu bukan tanpa tujuan. Adapun tujuannya ialah untuk melakukan pengukuran terhadap tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

Pengukuran ini berdasar indeks pembangunan statistik atau yang biasa disingkat dengan IPS. Bukan hanya itu saja, evaluasi ini juga bertujuan untuk mengukur pencapaian kemajuan dalam menyelenggarakan statistik sektoral.

Pengukuran pencapaian tersebut dilihat dari instansi pusat maupun pemerintah daerah. Dengan adanya evaluasi, maka bisa berpengaruh terhadap peningkatan kualitas kedepannya. Berbeda jika tanpa evaluasi, maka tak akan mengalami kemajuan atau bahkan berisiko mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Setelah simak uraian di atas, tampak jelas bagaimana pengertian metadata kegiatan statistik sektoral. Bukan hanya memahami definisinya saja, melainkan ketahui pula bagaimana evaluasi penyelenggaraannya. Setelah memahaminya, tentu bisa lebih yakin bahwa hal tersebut memang penting dan memberikan keuntungan tersendiri.