Anda yang sedang melakukan penelitian di bidang statistic atau sedang mengambil pelajaran mengenai maeteri tersebut tentu mengenal metode regresi. Metode ini sering digunakan dalam penelitian analisis statistic ataupun pembuatan perangkat lunak.

Berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai metode regresi logistic yang sering digunakan. Dengan penjelasan tersebut, semoga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan analisis ataupun perhitungan menggunakan metode tersebut.

Melakukan Analisis dengan Metode Regresi Logistik

Estimasi Model Regresi Data Panel

Jenis yang pertama adalah menggunakan persamaan data panel, yang sudah digabungkan dengan dara cross section dan data time series. Variabel yang digunakan untuk analisis dengan cara ini adalah:

  • Variabel terikat, yang disebut sebagai dependet, dilambangkan dengan huruf Y.
  • Variabel bebas, dilambangkan dengan huruf X yang merupakan independent.
  • Entitas yang diwakilkan dengan simbol huruf i kecill.
  • Periode yang disimbolkan dengan huru t kecil.

Baca Juga Mengenal GeoGis Secara Singkat

Persamaan tersebut akan digunakan untuk melakukan regresi variabel yang terikat dan tidak terikat, menggunakan nilai konstanta dan juga nilai koefisien regresi. Jika Anda hendak menggunakan model analisis ini untuk menghitung metode regresi logistic ada tiga tekhnik yang bisa digunakan, diantaranya:

  1. Model common effect, tekhnik yang paling sederhana untuk digunakan, yang mengkombinasikan data cross section dan time series.
  2. Model efek tetap, mengasumsikan bahwa intersep dari setiap individu berbeda antara satu dengan yang lain namun dengan slope yang sama.
  3. Model efek random mengasumsikan bahwa setiap perusahaan memiliki perbedaan intersep yang random.
  4. Pemilihan Model Teknik Estimasi

Cara lain untuk melakukan analisis regresi logistic adalah menggunakan tekhnik estimeasi. Dengan tekhnik ini, maka penelitian dilakukan dengan melihat jumlah individu atau objek penelitian dan variabel yang digunakan. Namun untuk melakukan analisis metode regresi logistic dengan cara ini, Anda harus paham betul bagaimana rumusnya.

Pengujian dalam Metode Regresi Logistik

  1. Uji Statistik

Dalam setiap penelitian, Anda harus melakukan uji statistic untuk hasil yang baik. Uji ini akan menggunakan intersep yang sama, sehingga regresi data panel yang didapatkan tidak berseberangan dengan tehnik pengujian yang dipilih.

2. Uji Hausman

Berikutnya adalah pengujian Hausman, yang merupakan pengujian untuk metode efek random dan efek tetap yang telah dipilih sebelumnya. Nantinya pengujian ini menggunakan hipotesis nul yang sudah ditentukan oleh peneliti.

3. Uji Lagrange Multiplier

Selanjutnya adalah metode regresi logistic yang menggunakna pengujian lagrange. Merupakan tekhnik pengujian jika Anda hendak menggunakan model common effect dan random effect untuk menguji hasil data.

Baca Juga Netlogo : Software Untuk Pemodelan Dan Simulasi Data

Demikianlah informasi ringkas mengenai metode regresi logistic yang bisa Anda gunakan, semoga dengan informasi tersebut Anda bisa lebih paham mengenai regresi logistic dan tekhnik pengujian yang dipilih untuk melakukan analisis statistik