Dalam melakukan penelitian di bidang statistic, diperlukan teori yang tepat agar hasil penelitian bisa sesuai dengan data dan fakta yang ada di lapangan. Salah satu teori yang sering digunakan dalam metode penelitian statistik adalah teori MC Nemar.

MC Nemar merupakan teori yang sering dipakai untuk pengujuan statistic, fungsinya sebagai penentu apakah terdapat perbedaan antara variabel yang digunakan. Seperti yang diketahui, dalam perhitungan statistik dikenal variabel dependen dan variabel berpasangan. Keduanya memiliki cara penghitungan yang berbeda.

Asumsi Metode MC Nemar

Metode MC Nemar memiliki beberapa asumsi yang harus diketahui oleh peneliti sebelum digunakan, diantaranya adalah:

  • Memiliki satu variabel dependen dengan sifat dikotomis dan satu variabel independen dengan sifat kategoris antara dua kelompok yang terkait. Contoh variabel yang digunakan dan memilikisifat dikotomis adalah variabel “aman dan tidak aman” atau variabel “berhasil dan tidak berhasil”.
  • Kedua variabel harus memiliki sifat ekslusif dan tidak ada yang tumpang tindih antara satu dengan yang lain. Dapat disimpulkan bahwa data yang digunakan hanya bisa berada di satu kelompok, tidak bisa dikelompok yang lain.
  • Sampel memiliki sifat yang acak dari populasi yang ada.
  • Skala data yang dipakai memiliki sifat nominal dan ordinal, sehingga metode MC nemar cocok digunakan untuk penghitungan statistik.

Apabila data yang digunakan untuk metode tersebut tidak sesuai dengan asumsi yang telah disebutkan diatas, maka ada baiknya Anda menggunakan metode statistic yang lain. Ini karena penghitungan dan data yang didapatkan tidak sesuai dengan ketentuan penggunana metode ini.

Kelebihan dan Kekuarangan Metode MC Nemar

Sebelum menggunakan metode ini ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya, dengan begitu hasil penelitian yang digunakan memang sesuai dengan kebutuhan penghitungan statistik.

  • Kelebihan Metode MC Nemar

Kelebihan dari metode MC Nemar adalah dapat diaplikasikan di data non parametric, nominal dan juga ordinal. Umumnya data jenis ini merupakan data yang sulit diolah, kecuali memang menggunakan teori dan metode yang sesuai. Selain kelebihan tersebut, metode ini juga mudah dimengerti dan perhitungannya jauh lebih singkat, tanpa perlu bantuan dari software.

  • Kekurangan Metode MC Nemar

Metode ini tetap miliki kekurangan, apalagi jika data yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan asumsi awal. Kekurangannya adalah tabel kontingensi yang dipakai harus 2×2, tidak boleh kurang atau lebih. Selain itu, fokus kondisi sebelum dan sesudah penelitian memiliki sifat dependen.

Baca Juga

Metode Regresi Data Panel Dengan Intervening Dan Tujuannya

Penjelasan Singkat Mengenai Metode Random Forest

Demikianlah rincian mengenai metode MC Nemar, semoga dengan informasi tersebut Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru terkait dengan teori dan metode yang digunakan dalam penelitian statistik. Penjelasan lebih lengkap mengenai metode ini bisa Anda temukan di jurnal atau buku statistik.