Mengenal Metode RAKF (Rancangan Acak Kelompok Faktorial) – Ketepatan pemilihan sebuah metode analisa data bisa memberikan pengaruh yang cukup besar pada hasil penghitungan data yang bersangkutan. Inilah alasan mengapa terdapat banyak jenis metode dengan berbagai ketentuan dan model untuk bisa dipilih sesuai kebutuhan data yang ada.

Salah satu metode yang bisa dipilih untuk menganalisa sebuah ada adalah metode RAKF. Metode ini merupakan singkatan dari metode rancangan acak kelompok faktorial. Metode rancangan acak kelompok faktorial merupakan metode yang sering digunakan pada percobaan dengan data yang tidak seragam.

Metode rancangan acak kelompok faktorial sering digunakan pada berbagai bidang penelitian seperti penelitian yang berhubungan dengan sistem budidaya hewan atau tumbuhan. Metode yang satu ini seringkali dibandingkan dengan metode RALF karena namanya yang serupa. Perbedaan dari kedua metode ini terletak pada jenis data yang diolah.

Metode RALF cenderung tepat digunakan pada percobaan dengan data yang seragam sehingga tidak perlu dilakukan pengelompokan ulang seperti pada metode rancangan acak kelompok faktorial. Dibandingkan dengan metode RALF, metode RAK faktorial ini dinilai memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

  • Lebih efisien dalam penggunaan data dari sumber yang ada
  • Pengaruh utama dan interaksi data bisa dipelajari dengan lebih lengkap sehingga informasi dari hasil percobaan tampil dengan lebih komprehensif
  • Kombinasi berbagai faktor dalam percobaan bisa diketahui dengan lebih luas sehingga hasil percobaan bisa digunakan secara fleksibel untuk data yang lebih banyak

Metode RAKF digunakan dengan menerapkan rumus sebagai berikut :

Hijk = m + Pj + Pk + (Pj x Pk) + eijk

Model matematika pada rumus ini akan menghasilkan perhitungan berupa akibat dari perlakukan ke-j serta perlakuan ke-k pada kelompok ke-i. Untuk mendapatkan hasil perhitungan tersebut juga diperlukan beberapa komponen diantaranya :

m = nilai tengah umum

Pj = pengaruh faktor perlakukan ke-j

Pk = pengaruh faktor perlakukan ke-k

Pj x Pk = interaksi antara perlakukan ke-j dan perlakukan ke-k

Eijk = error yang terjadi akibat perlakukan ke-j dan perlakukan ke-k dalam kelompok ke-i.

Dengan menggunakan model matematika ini, maka hasil analisa menggunakan metode rancangan acak kelompok faktorial bisa diketahui dengan lebih akurat. Seiring dengan perkembangan teknologi, proses penghitungan analisa menggunakan metode RAKF ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah analisis data seperti analisis secara manual maupun analisis menggunakan bantuan software microsoft excel.

Kedua langkah analisis ini pada dasarnya memberikan hasil yang serupa. Perbedaan mencolok pada kedua analisis ini biasanya muncul dari durasi penghitungan yang terjadi. Menghitung data menggunakan langkah analisis manual tentu akan cenderung lebih lama dari analisis menggunakan microsoft excel. Namun ketepatan hasil biasanya cenderung lebih maksimal jika Anda menggunakan langkah analisis menggunakan microsoft excel.

Baca Juga Metode Penelitian Skripsi Tesis Disertasi

Penjelasan Singkat Mengenai Metode Random Forest

Metode High Order Fuzzy Time Series

Menggunakan metode RAKF dalam penghitungan berbagai data penting bisa dilakukan agar data yang dibutuhkan tampil dan menunjukkan hasil analisa yang lebih komprehensif dan akurat. Keakuratan data bisa membuat manfaat dari data tersebut lebih sempurna di masa yang akan datang.