Analisis statistik adalah disiplin ilmu yang digunakan dalam pengumpulan data, pengaturan data, pengeksplorasian data dan penyajian data untuk mendapatkan suatu pola. Analisis data biasanya digunakan di perusahaan-perusahaan sebagai dasar untuk mengambil keputusan. Alasan suatu perusahaan menggunakan analisis data adalah untuk mengetahui trend yang ada di masyarakat dan memprediksi trend yang akan terjadi di masa depan. Selain digunakan di perusahaan, analisis statistik juga mulai digunakan di media sosial seperti Instagram. Ilmu statistika mudah sekali mengalami perkembangan, hal ini dikarenakan setiap metode bisa dikembangkan untuk menyelesaikan suatu masalah khusus.

Salah satu metode analisis statistik adalah metode preskriptif deskriptif. Berikut penjelesan mengenai metode tersebut,

Analisis Deskriptif adalah unsur dari statistik yang paling dasar yang tidak dapat dipisahkan dalam menganalisis data. Sehingga analisis ini menjadi bagian yang wajib bagi orang yang akan menganalisis suatu data. Sesuai dengan Namanya, analisis ini digunakan untuk mendekripsikan kumpulan data. Dengan kata lain, analisis ini merupakan proses analisis statistik yang memfokuskan pada pengaturan, penyajian, mengklasifikasikan data. Sehingga hasil dari analisis data ini, data yang disajikan akan lebih menarik dan lebih mudah dipahami, sehingga akan memberikan makna lebih bagi pengguna data.

Macam-macam statistik deskriptif antara lain

Pertama, Penyajian numerik. Penyajian numerik adalah analisis statistik yang bertujuan membuat data lebih ringkas dengan menggunakan bentuk ukuran numerik. Contoh pengukurannya dengan mean, modus, median, dll.

Kedua, Visualisasi data. Visualisasi data merupakan analisis statistik yang memiliki tujuan menyajikan data ke dalam bentuk visual grafik yang menarik. Data bisa digambarkan dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram lingkaran, dll.

Analisis statistik bermanfaat dalam penyajian data yaitu memberikan gambaran bagaimana informasi dari data tersebut. Selain itu, analisis ini juga menjelaskan ciri-ciri dan karakteristik dari sebuah data yang disajikan.

Analisis deskripif bekerja dengan analisis prediktif menggunakan statistika dan model untuk menentukan kinerja masa depan berdasarkan data saat ini dan historis, meningkatkan keputusan bisnis terlepas dari kepastian atau perubahan kondisi. Membantu menentukan tindakan apa yang akan diambil dalam bisnis. Analisis ini membantu mencegah penipuan, mengurangi risiko, meningkatkan efisiensi, mencapai tujuan bisnis, dan membangun loyalitas pelanggan. Dapat digunakan untuk mengambil keputusan kapan saja dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Baca Juga Metode Analisis data Penelitian

Mengenal Metode Binary Logistic Dan Manfaatnya

Metode Fuzzy Inventory Control untuk Mengontrol Persediaan di Sebuah Perusahaan

Analisis preskriptif bergantung pada teknik kecerdasan buatan seperti pembelajaran mesin dan kemampuan program komputer tanpa campur tangan manusia untuk mempelajari dan mengadaptasi data baru. Pembelajaran mesin memungkinkan perusahaan untuk memproses dan mempelajari lebih lanjut tentang sejumlah besar data yang ada saat ini. Ketika terdapat data tambahan baru, program komputer secara langsung menyesuaikan untuk pengolahan data tersebut. Analisis ini menggunakan pembelajaran mesin untuk membantu perusahaan mengidentifikasi perkembangan baru yang penting dan cara menanggapinya berdasarkan prediksi dari program komputer.